Ada kesalahan di dalam gadget ini

Selasa, 14 Mei 2013

cara ROOTING GALAXY YOUNG


Dipostingan kali ini HWANTIQUA akan memberikan sedikit tutorial cara Root Samsung Galaxy Young GT S5360, Postingan ini hanya dikhususkan untuk device Galaxy Young GT bukan Galaxy Young Duos maupun Galaxy Young dan Galaxy Young lainnya, untuk mempersingkat padatkan postingan mari kita lanjut ke pembahasan.
Root
Jika sobat belum mengetahui sama sekali apa itu root serta apa fungsinya dan apa resikonya?,
Root adalah sebuah system akun yang memungkinkan pengguna dapat mengatur, menghapus dan menambah sesuatu pada system berbasis Linux termasuk Android.
Jadi ibaratnya Root itu seperti akun untuk membuka system tertentu yang tidak bisa diakses jika belum melakukan Root, tapi apa fungsi utama dari root?, Sebenarnya banyak sekali hal-hal menguntungkan jika kita sudah melakukan proses root, salah satunya pada beberapa aplikasi utility, seperti Root Explorer yang berguna sangat banyak salah satunya untuk edit build.prop, menghapus aplikasi bawaan vendor dan lain lain. Tidak hanya aplikasi itu saja yang mempunyai sejuta multifungsi tertentu, masih ada Chainfire, RAM Expander,  Rakun optimizer, Link2SD, Hexacomb, Z-Screenrecorder dan masih banyak lagi, sobat bisa menemukannya di Playstore, begitu banyak aplikasi yang mengharuskan pengguna menggunakan Root. Jadi jangan heran jika sobat menulis keyword “cara root” di Google dan menghasilkan berjuta-juta postingan berdasarkan kata kunci Cara Root.
Pertanyaan ini juga sangat sering ditanyakan oleh para newbie, sebenarnya tidak akan terjadi apa-apa semua seakan biasa-biasa saja, hanya saja akses kita untuk berjelajah kesistem lebih leluasa. Dan ingat tidak akan ada satupun data yang hilang saat sobat sudah melakukan root dan sobat tidak perlu back-up untuk menjaga jaga. Ada beberapa pertanyaan pada beberapa postingan yang telah saya baca berdasarkan yang telah saya temukan bahwa Melakukan root dapat menghilangkan garansi, kalaupun hal tersebut benar kita masih bisa kok melakukan unroot-ing.
Ada banyak sekali cara untuk melakukan root dan unroot, salah satunya yang sering saya searching adalah dengan update.zip, menurut saya itu adalah cara termudah. Tetapi cara tersebut tidak selalu berlaku pada beberapa device, penyebabnya tidak lain karena kekurangan developer pada device tertentu dan karena barunya suatu Device Android. Disini sekaligus saya menyarankan sobat jika ingin membeli device Android, belilah yang cukup dikenal oleh masyarakat luas, karena itu juga menjadi salah satu permecahan permasalahan sobat dikala sobat mengalami sesuatu yang tidak sobat ketahui. 
Berdasarkan media perantaranya cara tersebut dibedakan melalui Recovery , PC , recovery CWM, aplikasi/ Software dan lain lain. Dan menurut saya cara termudah adalah dengan Update.zip melalui perantara Recovery. Lalu dimana sobat mendownload Update.zip itu, mungkin sobat  bisa mencarinya diforum-forum seputar Android seperti XDA Developer yang menjadi sumber refrensi saya. Tapi ingat Update.zip setiap perangkat itu berbeda, sehingga seperti yang saya telah sebutkan bahwa tidak semua update.zip tersedia dan ada hanya perangkat yang umum dan cukup dikenali masyarakat.
Untuk mengetahui apakah suatu perangkat Android sudah root atau belum, sobat bisa check diaplikasi Terminal Emulator ( Download Di playstore) lalu setelah diinstal dan masuk ketik SU, jika hasilnya adalah tanda pagar ( # ) berarti perangkat sudah sukses atau telah melakukan root, selain itu sobat juga bisa check apakah ada aplikasi Superuser atau SuperSU yang tidak bisa dihapus ( bawaan setelah melakukan root ).
  Cara Root-nya pun sangat mudah bahkan bagi saya terlalu mudah. Berikut adalah cara ROOTnya:

1. Download Update.zip dan Unroot.zip disini dan simpan didirektori /SDcard 
2. Masuk ke recovery mode 
ini caranya :

Cara Masuk Ke Recovery Mode Android


Dipostingan kali ini Drio AC , Dokter Android akan memberikan sedikit tutorial cara masuk ke recovery mode. Sebagaimana kita ketahui bahwa arti dari recovery itu adalah Pemulihan, jadi dapat kita simpulkan bahwa recovery mode adalah sebuah Menu yang
memiliki beberapa pilihan, pilihan pilihan inilah yang akan menjadi metode dalam pemulihannya. Mari kita bahas lebih jauh lagi.


Recovery Mode

Di dalam recovery mode terdapat beberapa pilihan yang berperan besar dalam proses pemulihan Android sobat, tapi pemulihan ini hanya berlaku pada kesalahan-kesalahan software, misalnya yang paling sering sobat Androiders alami, yaitu bootlop.
Berikut adalah beberapa tampilan pilihan dalam menu recovery:



1. Reboot system now = Untuk reboot Android
2. Apply update from sdcard = untuk memilih zip dalam SD Card
3. Wipe data/factory reset = untuk reset data data Android
4. Wipe cache partition = untuk menghapus cache



Nah itulah beberapa tampilan pada menu recovery mode. Sekarang mari kita bahas tentang cara masuk ke recovery Mode.

Cara Masuk Ke Recovery Mode

Sebenarnya sangat mudah untuk sobat masuk ke recovery mode, sobat bisa mencoba sendiri lewat tombol-tombol yang terdapat pada Android sobat, bahkan, saat saya belum mengenal recovery mode serta cara masuknya, saya tidak sengaja menemukan recovery mode pada Android saya. Entah apa yang saya pikirkan waktu itu sehingga saya menekan ketiga tombol secara bersamaan ( Home Buton, Power Button, Volume Up), karena saya tidak mengerti hal itu, dengan cepat saya melepas baterai Android saya karena takut rusak :D.
Oke, lanjut lagi ke topic utama untuk caranya, oh iya untuk masuk ke recovery mode, matikan terlebih dahulu Android sobat:

3. Setelah masuk pilih “ apply update from SD card
4. Cari dan pilih update.zip
5. Setelah Proses selesai pilih “ reboot system now
    Selesai
dan SELAMAT, sistem HP anda sudah terbuka / ROOTING...






Mungkin cukup sampai disini saja, karena kurang lebih hampir semua jenis Android dalam masuk ke recovery mode menggunakan cara diatas, mungkin sobat bisa menggunakannya satu satu jika jenis HH sobat tidak tercantum di atas. Sekian postingan dari HWANTIQUA  semoga bermanfaat untuk sobat semua. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

jika ingin tau lbih soal ngoprek galyong Klik Disini .
terimakasih 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar